Paket dari Luar Negeri Tidak Sampai? Ini Solusinya

Paket dari Luar Negeri Tidak Sampai? Ini Solusinya

Paket dari luar negeri tidak sampai. Ketika membeli barang via online, hal yang paling mengasyikan adalah menunggu barang itu sampai. Namun, menunggu paket sampai juga terkadang bisa saja menjengkelkan. Karena biasanya, ada beberapa kasus paket lama sampainya melebihi estimasi yang ditentukan atau bahkan paket tidak pernah sampai.

Terlebih lagi kalau itu pengiriman dari luar negeri, yang ada malah bikin gelisah. Memangnya apa sih yang menyebabkan paket dari luar negeri tidak sampai? Apakah penipuan? Berikut sedikit ulasan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Penyebab Paket dari Luar Negeri Tidak Sampai

Yang pertama, alasan mengapa paket dari luar negeri lama sampainya ini karena alur pengiriman paket untuk masuk ke sebuah negara membutuhkan proses yang cukup panjang. Entah itu karena paket yang di pesan harus melalui proses transit terlebih dahulu. Selain itu, alasan lainnya adalah adanya proses sortir barang dari luar maupun dalam negeri. Hal tersebut tentu akan memakan waktu yang sangat lama. Mengingat mungkin terdapat ribuan bahkan jutaan paket yang perlu dikirim harus melalui proses sortir terlebih dahulu. Alasan lainnya yaitu alamat yang tidak didukung yang mengakibatkan paket tidak sampai-sampai.

Penipuan Pengiriman Paket dari Luar Negeri

Tapi bagaimana kalau ceritanya paket tidak pernah sampai? Hati-hati! Bisa jadi kalian menjadi korban penipuan. Kenyataannya, terdapat banyak pembeli yang jadi korban dari modus penipuan paket luar negeri sebab kurang hati-hati ketika berbelanja.

Sebenarnya, kalau kalian sudah mengetahui ciri-ciri modus penipuan tersebut dari awal, besar peluang untuk kalian tidak menjadi korban penipuan. Jadi, bagaimana solusinya kalau paket dari luar negeri tidak sampai dan terindikasi adanya penipuan? Yang jelas, kalian harus melapor kepada pihak yang berkaitan.

Nah, untuk mengantisipasi adanya kejadian tersebut, berikut beberapa ciri-ciri penipuan paket luar negeri.

  • Layanan Jasa Kurir Pribadi. Biasanya, nama jasa kurir ini asing untuk dikenali atau bahkan kalian baru pertama kali mendengarnya. Ditambah lagi kalau mereka menawarkan penawaran harga yang miring. Itu bisa menjadi indikasi modus penipuan yang wajib kalian waspadai. Karena, bisa saja layanan jasa kurir itu fiktif. Maka, untuk memvalidasi nya, kalian bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu.
  • Info Paket Bermasalah. Banyaknya kasus penipuan paket luar negeri pasti disertai adanya panggilan telepon bahwa paket yang sedang dikirim mengalami masalah. Permasalahan tersebut tidak jauh berpura-pura sebagai petugas yang mengatasnamakan salah satu instansi yaitu bea cukai.
  • Menghilang Tanpa Jejak. Biasanya pelaku akan menghilang tanpa jejak pasca terjadi transaksi pembayaran. Untuk menghadapi masalah tersebut, mau tak mau kalian harus segera melaporkan ke pihak berwenang untuk segera ditindak lanjuti.

Cek Resi Pengiriman dari Luar Negeri

Untuk mengatasi rasa khawatir konsumen atas pengiriman yang lama, ekspedisi pun menyediakan layanan cek resi pada setiap pengiriman. Hal tersebut berguna untuk melacak sampai mana posisi paket yang sedang dikirim. Kalau pengiriman dari dalam negeri mungkin kita masih bisa cek resi dari layanan ekspedisi masing-masing. Lalu bagaimana dengan pengiriman dari luar negeri? Berikut ada 4 cara untuk melacak barang kiriman dari luar negeri.

  • Via laman beacukai.go.id/barangkiriman. Kalian bisa mengakses laman tersebut, kemudian ketik nomor tracking/consignment note/resi/ airway bill (AWB) pada kolom yang tersedia dan masukkan keycode sesuai. Klik Submit dan tampilan untuk melihat proses pengiriman barang muncul.
  • Via laman cekresi.com
  • Via laman parcelsapp.com
  • Via laman cekpengiriman.com

Akan tetapi, jangan berharap lebih untuk mendapatkan info paling detail dimana posisi paket sedang berada. Sebab, yang sering terjadi ketika melakukan pengiriman dari luar negeri, nomor resinya sulit dilacak kalau belum masuk ke Indonesia. Sebagai contoh status yang akan ditampilkan ketika paket belum masuk ke Indonesia yaitu¬† “Parcel is in transit from USA to Indonesia”. Artinya, paket terdeteksi masih di Amerika menunggu pengiriman ke Indonesia.

Nah, kalau sudah masuk ke Indonesia, barulah nomor resi bisa dilacak dengan benar.

Paket dari Luar Negeri ke Indonesia Berapa Lama

Paket dari luar negeri tidak sampai, mungkin kalian kurang lama untuk menunggunya. Sebab, rata-rata estimasi pengiriman dari luar negeri dari awal barang di order sampai barang tiba yaitu sekitar 30 hari. Kenapa bisa selama itu? Ini karena dari barang diproses oleh penjual sampai di Indonesia perlu waktu 15 hari, dan 15 hari lagi dari Bea Cukai sampai di tangan kita.

Paket pengiriman dari luar negeri memang pasti akan masuk dan diperiksa oleh pihak Bea Cukai. Pada tahap inilah yang menyebabkan paket lama sampai. Sebab mereka akan memeriksa apakah barang tersebut bisa lolos dan bukan barang larang impor untuk dikirim kepada penerima.

Selain itu juga akan di cek harga barang tersebut, apakah akan terkena beban biaya bea masuk atau tidak. Untuk barang yang memiliki harga 75 dollar keatas, dipastikan akan dikenakan biaya bea masuk. Jadi, ketika kalian membeli barang yang senilai dengan 75 dollar keatas, ketika menerimanya kita harus bayar sesuai dengan yang ditagihkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *